Rabu, 08 Oktober 2014

Daerah Q Blitar

Asslamualaikum wr.wb.

Di tulisan pertama ini saya sebagai penulis akan menceritakan kota kelahiran saya yaitu Kota Blitar, ada yang tau kota Blitar? Langsung aja..


Kota Blitar terletak di Jawa Timur dan di apit oleh beberapa kota yaitu Kediri, Tulungagung, dan Malang. Kota Blitar sejak dulu sering dikaitkan dengan nama besar presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno. Karena b
eliau di kebumikan di kota Blitar, makam Bung Karno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Blitar disebut sebagai Kota Patria, dan juga disebut sebagai Kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi yang mengusir penjajah dari Jepang. Di Blitar juga disebut dengan Kota Koi karena disini merupakan sentra ikan ikan koi,yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten maupun Kota.

           Di sini saya akan menceritakan salah satu budaya di Blitar, salah satunya adalah Upacara Adat Siraman Pusaka Gong Kyai Pradah, acara ini merupakan salah satu bentuk budaya local di Blitar. Tradisi ini sampai sekarang masih tetap diselenggarakan oleh masyarakat pendukungnya, yaitu setahun dua kali di Lodoyo. Banyak juga masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara ini sekedar untuk melihat atau untuk mencari berkah. Pelaksanaan tradisi tersebut juga dapat menambah kebersamaan masyarakat setempat. Kegiatan ini menjadi salah satu aset wisata budaya di Lodoyo khususnya di Blitar pada umumnya.



            Ada juga Grebeg Pancasila yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya pancasila, diacara tersebut selalu ada gunungan (tumpeng yang besar) yang diarak keliling kota dengan sambil di iringi musik, dan yang lebih seru masyarakat berebutan mendapatkan hasil bumi yang diarak keliling kota tersebut, dan masih banyak budaya-budaya yang unik di Kota Patria ini.



            Di Blitar ada makanan yang terkenal yaitu Pecel anda pasti pernah makan pecel atau bahkan sering makan pecel. Kenapa pecel identik juga dengan blitar, karena disana banyak industry rumahan yang membuat sambal pecel, yang kemudian dibawa keluar kota, dan masih banyak lagi makanan khas di kota ini seperti :wajik kletik, peyek uceng, rujak cingur, geti, es mini dll.


Sekian dari saya, sebenarnya masih banyak yang mau di bahas tapi karena keterbatasan waktu, maka cukup sampai disini.


Wasalamualaikum wr.wb.

(Sumber gambar google)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar